Kondisi saat ini Kondisi yang diinginkan Rencana aksi
UB sudah memiliki peta proses bisnis untuk menggambarkan layanan yang diberikan unit kerja di UB. Unit kerja di UB sudah memiliki SOP untuk memberikan panduan layanan, tetapi format SOP belum sepenuhnya sesuai dengan format seragam sebagaimana disarankan oleh Permenristekdikti No 71/2017 UB memiliki peta proses bisnisSeluruh SOP untuk layanan yang diberikan oleh unit kerja di UB seragam menggunakan format sebagaimana disarankan oleh Permenristekdikti no 71/2017 UB meningkatkan kapasitas SDM di setiap unit untuk mampu melakukan penyempurnaan SOP (melalui pelaksanaan workshop : 1. pembuatan SOP yang benar dan sesuai format 2. Penggunaan aplikasi bizagi untuk SOP)  
UB telah menyusun Sistem Informasi Kearsipan yang dikembangkan berdasarkan sistem informasi kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Akan tetapi, sebagian besar unit kerja belum melakukan pengelolaan arsip yang memadai sesuai dengan norma, standar, prosedur dan kebijakan (NSPK) KearsipanSistem informasi kearsipan sudah diterapkan hingga di level fakultas, tetapi belum diketahui apakah seluruh fakultas menggunakan SIAS untuk pengarsipan surat menyurat. Setiap unit kerja melakukan pengelolaan arsip dan menggunakan sistem informasi kearsipan. System informasi kerasipan sudah terintegrasi dalam Gapura.ub.ac.id dalam bentuk aplikas SIAS (Sistem Informasi Administrasi Surat) Evaluasi penggunaan SIAS dilakukan secara berkala, untuk menjaga ketertiban administrator dalam pengisiannya.   UB meningkatkan kapasitas SDM di setiap unit untuk melaksanakan pengelolaan arsip (melalui 1. sosialisasi dan 2. pelatihan sistem informasi kearsipan dan tata naskah dinas) Melaksanakan koordinasi implementasi SIAS antara Bagian Tata Usaha UB dengan Tata Usaha di setiap unit kerja Melakukan evaluasi pengisian SIAS disetiap unit kerja.
UB telah menggunakan berbagai layanan berbasis e-government (single sign-on melalui Gapura), akan tetapi sistem informasi layanan tersebut sudah mulai terintegrasi dan sudah ada yang dijadikan  dijadikan untuk pengambilan keputusan sesuai dengan kebutuhan pelayananmahasiswa mengajukan cuti akademik dan terminal sudah bisa mengajukan secara online.Mahasiswa melakukan KRS (Kartu Rencana Studi) secara online, Dosen memvalidasinya juga secara online. Pengisian Beban Kerja Dosen (BKD) dilakukan secara online dan divalidasi juga secra online.Remunerasi atau insentif kinerja dilakukan secara online dengan validasi dan verifikasi secara online jugaSudah memiliki fondasi integrasi yang sudah dibuat bagi yang memiliki hak akses Setiap sistem informasi berbasis e-government terintegrasi dan mampu menyediakan data yang akurat. Data yang akurat dapat digunakan sebagai dasar pengembangan informasi untuk pengambilan keputusan Sistem aplikasi keuangan perlu ditambahkan dan dilaksanakan untuk pengisian pendapatan diluar pendapatan UKT mahasiswa.   UB melakukan integrasi layanan e-government di bidang keuangan, yaitu untuk melayani perencanaan belanja dan realisasi pendapatan . Dibuat sistem terintegrasi DIPA (Daftar Isian Anggaran Pendapatan)