UB sudah memiliki peta proses bisnis untuk menggambarkan layanan yang diberikan unit kerja di UB. Unit kerja di UB sudah memiliki SOP untuk memberikan panduan layanan, tetapi format SOP belum sepenuhnya sesuai dengan format seragam sebagaimana disarankan oleh Permenristekdikti No 71/2017 |
UB memiliki
peta proses bisnisSeluruh SOP
untuk layanan yang diberikan oleh unit kerja di UB seragam menggunakan format
sebagaimana disarankan oleh Permenristekdikti no 71/2017
|
UB meningkatkan kapasitas SDM di
setiap unit untuk mampu melakukan penyempurnaan SOP (melalui pelaksanaan
workshop : 1. pembuatan SOP yang benar dan sesuai format 2. Penggunaan
aplikasi bizagi untuk SOP)
|
UB telah menyusun Sistem Informasi Kearsipan yang dikembangkan berdasarkan sistem informasi kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Akan tetapi, sebagian besar unit kerja belum melakukan pengelolaan arsip yang memadai sesuai dengan norma, standar, prosedur dan kebijakan (NSPK) KearsipanSistem informasi kearsipan sudah diterapkan hingga di level fakultas, tetapi belum diketahui apakah seluruh fakultas menggunakan SIAS untuk pengarsipan surat menyurat. |
Setiap
unit kerja melakukan pengelolaan arsip dan menggunakan sistem informasi
kearsipan. System informasi kerasipan sudah terintegrasi dalam
Gapura.ub.ac.id dalam bentuk aplikas SIAS (Sistem Informasi Administrasi
Surat)
Evaluasi
penggunaan SIAS dilakukan secara berkala, untuk menjaga ketertiban
administrator dalam pengisiannya.
|
UB meningkatkan kapasitas SDM di
setiap unit untuk melaksanakan pengelolaan arsip (melalui 1. sosialisasi dan
2. pelatihan sistem informasi kearsipan dan tata naskah dinas)
Melaksanakan koordinasi implementasi
SIAS antara Bagian Tata Usaha UB dengan Tata Usaha di setiap unit kerja
Melakukan evaluasi pengisian SIAS
disetiap unit kerja.
|
UB telah menggunakan berbagai layanan berbasis e-government (single sign-on melalui Gapura), akan tetapi sistem informasi layanan tersebut sudah mulai terintegrasi dan sudah ada yang dijadikan dijadikan untuk pengambilan keputusan sesuai dengan kebutuhan pelayananmahasiswa mengajukan cuti akademik dan terminal sudah bisa mengajukan secara online.Mahasiswa melakukan KRS (Kartu Rencana Studi) secara online, Dosen memvalidasinya juga secara online. Pengisian Beban Kerja Dosen (BKD) dilakukan secara online dan divalidasi juga secra online.Remunerasi atau insentif kinerja dilakukan secara online dengan validasi dan verifikasi secara online jugaSudah memiliki fondasi integrasi yang sudah dibuat bagi yang memiliki hak akses |
Setiap sistem informasi berbasis e-government terintegrasi dan mampu
menyediakan data yang akurat. Data yang akurat dapat digunakan sebagai dasar
pengembangan informasi untuk pengambilan keputusan
Sistem aplikasi keuangan perlu
ditambahkan dan dilaksanakan untuk pengisian pendapatan diluar pendapatan UKT
mahasiswa.
|
UB melakukan integrasi layanan e-government di bidang keuangan, yaitu
untuk melayani perencanaan belanja dan realisasi pendapatan .
Dibuat sistem terintegrasi DIPA
(Daftar Isian Anggaran Pendapatan)
|